Nama
Anggota kelompok : Herman Fuady Siregar (23210266)
Fajar Rizky Nugroho (22210569)
Raden Bambang Sumantri(25210513)
Kelas : 3eb09
Rangkuman
Buku ini membahas akuntansi biaya untuk tujuan
penentuan harga pokok produk dan pengendalian biaya. Akuntansi biaya untuk
memenuhi kebutuhan manajemen bagi penentuan harga pokok produk dibahas dalam
bab 2 sampai bab 11. Karena pada dasarnya terdapat dua macam metode penentuan
harga pokok produk yaitu metode full costing dan metode variabel costing, maka
untuk tidak menanamkan kesan bahwa perhitungan harga pokok produk hanya
didasarkan pada full costing saja, dalam bab 5 variabel costing disajikan
secara terurai metode penentuan harga pokok
produk alternatif yang lebih banyak dikenal dengan nama salah kaprah:
direct costing. Akuntansi biaya untuk penentuan harga pokok produk dengan
metode full costing dibagi menjadi 2 kelompok: penentuan harga pokok produk dalam
perusahaan yang produksinya berdasarkan pesanan dan produksi massa (bab 2 – bab
64), penentuan harga pokok produk dengan metode variabel costing dalam
perusahaan yang berproduksi berdasarkan pesanan dan berproduksi massa (bab 6)
dan penentuan harga pokok produk dalam perusahaan yang menghasilkan produk
bersama dan produk sampingan (bab 11).
Akuntansi biaya untuk menyediakan informasi bagi
manajemen guna pengendalian biaya, didalam bab 12 diuraikan Sistem Biaya
Taksiran, bab 13 Sistem Biaya Standar diuraikan secara rinci dengan pendekatan
full costing dan bab 14 Sistem Biaya Standar diuraikan dengan pendekatan
variabel costing. Uraian akuntansi biaya untuk pengendalian biaya dimulai dari
sistem yang paling sederhana yaitu sistem biaya taksiran dan dilanjutkan ke
sistem pengendalian biaya produksi yang lebih kompleks yaitu sistem biaya
standar. Dalam bab 15 perilaku biaya membahas tentang perekayasaan informasi
biaya dalam hubungannya dengan perubahan volume kegiatan, yang bermanfaat untuk
masukan bagi penerapan pendekatan variabel costing yang telah diuraikan dalam
bab 5, bab 6 dan bab 14. Sistem akuntansi biaya untuk menyediakan informasi
biaya bagi manajemen dalam pengendalian dan pengerahan kegiatan pemasaran.
Dalam bab 16 membahas tentang analisis biaya pemasaran.
Tujuan Penulis
Buku ini ditujukan penulis bagi mahasiswa pendidikan
tinggi jurusan akuntansi dan non akuntansi. Bagi jurusan non akuntansi penulis
berharap mahasiswa dapat memiliki konsep yang benar mengenai informasi biaya
dan mampu memanfaatkan informasi tersebut dalam melaksanakan fungsi pokok
manajemen perencanaan dan pengendalian kegiatan perusahaan. Sedangkan bagi
mahasiswa jurusan akuntansi penulis mempunyai suatu harapan yaitu mahasiswa
dapat memahami konsep dan manfaat informasi biaya dan mampu “menjual” konsep
informasi biaya kepada manajemen yang memerlukan informasi biaya dalam
pengelolaan kegitan perusahaan dan memiliki kemampuan sebagai perekayasa
informasi biaya yang berorientasi kepada kebutuhan manajemen.
Tujuan Tinjauan Buku
Tujuan
kami melakukan tinjauan pada buku ini adalah untuk mencari dan mengetahui apa
yang di bahas penulis dan tujuan penulis untuk apa menerbitkan buku tersebut
sehingga kami bisa memaparkan isi dari buku ini. Dengan demikian kami
mendapatkan konsep dan informasi biaya yang bermanfaat bagi manajemen dalam
pelaksanaan fungsi perencanaan dan pengendalian kegiatan perusahaan di dalam buku ini.
Kesimpulan
Kesimpulan dari buku ini adalah kami sangat menyarankan
kepada mahasiswa jurusan akuntansi dan non akuntansi untuk dapat membaca serta
memahami isi dari buku tersebut. Karena buku ini tidak hanya membahas pada
bidang aspek yang sempit namun penulis membahas aspek informasi akuntansi biaya
secara umum. Selain dari isi buku ini, penulis juga menggunakan bahasa yang
ringan dan contoh suatu informasi biaya dalam suatu perusahaan yang mudah untuk
di pahami pembaca, sehingga buku ini menurut kami layak untuk di baca mahasiswa
jurusan akuntansi dan non akuntansi agar memiliki kemampuan untuk menyediakan
informasi biaya yang sesuai dengan kebutuhan pemakai.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.